SAMBUT RAMADHAN PAI NON PNS PENGADEGAN NGAJI BARENG BAB PUASA

Ngaji bareng rutin KUA Pengadegan

Rabu : 24/03/2021
Pukul 09.30 WIB
Temu bareng Penyuluh Agama Islam (PAI ) non pns Kecamatan Pengadegan di laksanakan rutin di KUA Pengadegan.
Agenda pertemuan rutin mengkaji Kitab Fathul Qorib.

Materi kali ini di sampaikan oleh beliau Kyai Ahmad Afandi S.H dengan tema Fiqih Puasa.


Puasa ( shoum) secara bahasa sama dengan imsak (menahan)
Secara syara’ : puasa itu menahan dari hal2 yng membatalkan puasa dngan niat tertentu di sepanjang hari bagi orang yng sah puasanya,yaitu orang islam,berakal sehat dan suci dari haid & nifas

1.Syarat wajib puasa:
Islam
Baligh
Sempurna akal
Mampu

2.Fardlu nya Puasa :

  • Niat dalam hati
    (Puasa wajib / nadzar maka wajib niat di malam hari.
    Waktu malam yaitu setelah maghrib s/d menjelang subuh.
    Wajib juga menentukan jenis puasa )
    atau untuk sempurnanya puasa Ramadhan dengan mengucapkan lafadz : نويت صوم غد عن اداء فرض رمضان هذه السنة لله تعالى
  • Menahan makan dan minum
    ( walaupun hanya sedikit ketika di sengaja maka batal puasanya)
    tapi kalo lupa tidak membatalkan puasa,
    Catatan : bagi orang yang baru memeluk islam (mualaf) atau karna tidak ada ulama yng memberi bimbingan maka makan dan minumnya tidak membatalkan puasanya.
  • Menahan dari jimak (di siang hari)
    Orang yng jimak di siang hari karna lupa,dihukumi sama dengan orang yang lupa makan dan minum.
  • Menahan dari muntah yang di sengaja

Sekian
Semoga bermanfaat

Hadapi “Perang” Digital PAI Dua Kecamatan Intensif Gelar Pelatihan Jurnalistik

PURBALINGGA – Menghadapi era digital yang tidak mungkin dihindari, termasuk maraknya informasi hoaks di dunia maya. Pertemuan Penyuluh Agama Islam (PAI) NON PNS yang rutin di gelar setiap satu bulan sekali oleh PAI dari dua Kecamatan, yaitu Kecamatan Pengadegan dan Kaligondang menggelar pelatihan Jurnalistik Dasar.

Acara pelatihan kali ini di selenggarakan di kediaman Jumanto (Kak Jumbo) di Desa Pengadegan, Kecamatan Pengadegan, Rabu (17/3/2021).

Pertemuan rutin ini biasa di hadiri oleh Penyuluh Agama Islam Fungsional Umi Faizah dan Edi Rujito serta Ketua PAI NON PNS Purbalingga Kyai Rokhedi beserta seluruh PAI NON PNS di dua Kecamatan tersebut.

Penyuluh tampak antusias mengikuti latihan menulis dan membuat blog yang dipandu oleh beliau Imam Edi Siswanto (IES) Penyuluh dari Kecamatan Kaligondang.

Dalam kata pengantarnya IES menyampaikan beberapa hal di antaranya.

bahwa kita saat ini menghadapi “perang” digital, yang mana informasi media sosial saat ini banyak di dominasi oleh informasi hoax. Sehingga penyuluh harus ambil peran aktif dalam memberikan informasi yang positif dan membangun dalam rangka melawan informasi hoax.

Disamping itu IES juga menambahkan bahwa penyuluh yang memiliki tuhas pengemban informasi bisa meninggalkan literasi jejak digital yang terpercaya, familiar, informatif, positif, membangun dan bisa di pertanggung jawabkan.

Penulis Pujianto.

Editor Pk IES

Gencarkan Dakwah Halal, PAI Bidang JPH Kompak Menulis Bareng


PURBALINGGA – Gencarkan dakwah dan sosialisasi Produk Halal di internet dan sosial media, Penyuluh Agama Islam (PAI) bidang Jaminan Produk halal (JPH) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah kompak menulis dan menyusun bareng sebuah berita atau artikel.

Kegiatan menulis bareng ini digelar usai acara pertemuan rutin di kediaman Faqih di Desa Kradenan, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah , Rabu (10/3/2021).

Materi pelatihan jurnalistik dasar disampaikan oleh Imam Edi Siswanto atau yang akrab di sapa Pak IES dari PAI KUA Kecamatan Kaligondang.

Dalam kesempatan menyampaiakn materi, IES mengungkapkan keprihatinnnya bahwa media dan informasi yang berbasis agama di internet masih kalah jauh dengan dengan media-media mainstream lainya.

Untuk itu, menurutnya jika PAI dalam berdakwah tidak melalui internet atau sosial media maka jangkauannya sangat terbatas. Belum lagi tantangan yang hadapi para PAI bidang Produk Halal terkait produk haram atau produk yang subhat dan berita hoaks yang bertebaran di sosmed.

Maka dari itu, IES mengajak seluruh PAI untuk memperluas jangkaun dakwahnya dengan memanfaatkan teknolohi informasi melalui internet dan sosmed.

Dengan PAI hadir di dunia internet, selain meramaikan menurutnya juga bisa menjadi menjadi penyeimbang informasi. Dan sukur tulisan atau atrtikelnya bisa menjadi rujukan bagi masyarakat. Karena informasi yang disampaikan adalah pemberitaan yang benar, akurat dan bisa dipertanggungjawabkan.

Hadir dalam pertemuan, Kasi Garazawa Kankemenag Purbalingga, Syarif Hidayat, SAg, MSi, Penyuluh Fungsional Pendamping JPH, Sri Mulyati, Ketua PAI bidang JPH Samiin dan PAI Jaminan Produk Halal dari 20 KUA di Purbalingga serta empat orang PAI dari KUA Mrebet.

Penulis: Pooer / PAI Bidang JPH
Editor : IES

HALAL BERKAH DAN MENJADI PENERANG HATI

Pertemuan rutin PAI bidang JPH Purbalingga

Pertemuan rutin Penyuluh Agama Islam (PAI) bidang Jaminan Produk Halal (JPH) Purbalingga.
Dilaksanakan pada Hari Rabu 10 maret 2021 di kediaman Bpk.Faqih Desa Kradenan Rt.01/02 Mrebet Purbalingga

Hadir pula di pertemuan tersebut Kasi Gara Zawa Bpk H.Syarif Hidayat S.Ag M.Si, Penyuluh Agama Islam Fungsional Ibu Srimulyati dan para Penyuluh agama islam dari masing – masing KUA se Purbalingga.

Sambutan Bpk.Kyai Sami'in ketua PAI bidang JPH

Ketua penyuluh bidang JPH  Bpk.Kyai Sami’in dalam sambutan nya mengatakan ” bahwa halal adalah hal mendasar dalam kehidupan,karna dengan mengkonsumsi yang halal bisa melembutkan hati,sehingga mudah menerima nasihat.”Narsum Kasi Garazawa Bpk.H.Syarif Hidayat S.Ag M.Si
Dalam acara ini di sampaikan pula oleh beliau Kasi GARA ZAWA Kemenag Purbalingga,agar Penyuluh Agama Islam untuk memberikan pelayanan terbaik di masing tempat kerjanya,sehingga masyarakat benar benar merasa puas dan nyaman dengan pelayanan kita.Ibu Srimulyati S.Ag pembina PAI bidang JPH
Dalam pertemuan rutin Penyuluh Bidang JPH pula,beliau Pembina Penyuluh bidang JPH Ibu Sri Mulyati S.Ag menyampaikan,agar Penyuluh bersifat informatif,mampu memberikan informasi dan pendampingan terkait bidang bidang yang lain.

Ditulis tgl.10 Maret 2021

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai